Langsung ke konten utama

CONTOH JUDUL DAN LATAR BELAKANG SKRIPSI


Nama                     : Pendi
NIM                       : 180341013
Kelas                     : PMTK 4A
Dosen Pengampu  : Rajab Vebrian, M.Pd
Mata Kuliah          : Penulisan Karya Ilmiah



PENGEMBANGAN SOAL MATEMATIKA BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN LITERASI MATEMATIS SISWA DALAM MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI MTS MUHAMMADIYAH GANTUNG


BAB I
PENDAHULUAN
Pendidikan merupakan unsur utama yang penting dalam berdirinya sebuah negara, dimana pendidikan bukan hanya sekedar media untuk mewariskan kebudayaan kepada generasi selanjutnya, tetapi dengan pendidikan diharapkan mampu mengubah dan mengembangkan kehidupan bangsa ke arah yang lebih baik (Permadi & Arifin, 2010). Pendidikan yang bermutu menjadi indikator jaminan terhadap mutu sumber daya manusia pada suatu bangsa atau negara. Bangsa yang memiliki sumber daya manusia yang bermutu tinggi akan lebih maju dan mampu bersaing dengan bangsa-bangsa lain. Oleh karena itu, pendidikan merupakan unsur yang penting dalam berdirinya suatu negara yang bermutu menjadi indikator jaminan terhadap mutu sumber daya manusia yang akan lebih maju dan mampu bersaing dengan bangsa-bangsa lain.
Literasi matematika dicetuskan oleh NCTM karena pembelajaran matematika mempunyai hubungan erat dengan pengertian literasi matematis, dimana literasi matematis secara etimologi dapat diartikan sebagai melek matematika (Sari, 2015). Kemampuan literasi matematika meliputi kemampuan merumuskan, menerapkan dan menafsirkan matematika dalam berbagai konteks. Kemampuan literasi juga meliputi kemampuan penalaran secara matematis dan menggunakan konsep, prosedur, dan fakta untuk menggambarkan, menjelaskan atau memperkirakan fenomena (Puspitasari, 2015). Dengan kata lain, literasi matematis menurut OECD (2013) pada aspek kognitif merupakan kemampuan matematis yang meliputi : (1) berpikir dan bernalar, (2) pengajuan dan penyelesaikan masalah, (3) memberikan alasan, (4) pemodelan, (5) representasi, menggunakan simbol, (6) komunikasi, (7) penggunaan alat bantu atau media, dan (8) operasi formal dan teknik penggunaan bahasa. Jadi, literasi matematis merupakan suatu literasi yang diartikan sebagai melek matematika dan juga diartikan sebagai kemampuan individu untuk merumuskan, menerapkan, dan menafsirkan matematika dalam berbagai konteks yang mencangkup penelaran matematis, menggunakan konsep-konsep, prosedur, fakta, alat matematika untuk menggambarkan, menjelaskan, dan memprediksi fenomena.
Kelemahan literasi matematis siswa disebabkan oleh beberapa faktor yakni perbandingan kurikulum pisa dan kurikulum yang ada di Indonesia, kemampuan siswa dalam berhitung, kompetensi membaca, menulis, dan berhitung masih kurang dan juga rendahnya kemampuan bernalar siswa (Siswowijoyo & Tiya, 2014). Selain itu juga siswa Indonesia pada umumnya kurang terlatih dalam menyelesaikan soal-soal dengan karakteristik seperti soal-soal PISA, yang substansinya kontekstual, menuntut penalaran, argumentasi dan kreativitas dalam menyelesaikannya (Jurnaidi & Zulkardi, 2013).
Dari penelitian yang dilakukan oleh Suraji, Maimuna, & Saragih bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa masih rendah karena cenderung melakukan kesalahan dalam perhitungan, sehingga penyelesaian menjadi tidak tepat. Hal ini terlihat ketika guru memberikan latihan soal dalam bentuk soal cerita pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Siswa mengalami kesulitan ketika mengerjakan soal yang berbeda dari contoh soal yang diberikan guru, sebagian besar siswa hanya menghafalkan rumus tanpa memahami proses mendapatkan rumus tersebut, mereka sulit menyusun rencana untuk melengkapi data-data yang dibutuhkan menggunakan informasi yang diketahui. Oleh karena itu, peneliti bermaksud mengembangkan soal pemecahan masalah matematis siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) untuk melihat kemampuan literasi matematika siswa. Karena menurut Sari (2015) menyatakan bahwa seorang yang memiliki kemampuan literasi yang baik dapat penyelesaikan soal pemecahan masalah dengan baik pula.


DAFTAR PUSTAKA
OECD. (2013). PISA 2012 Results in Focus: What 15year-olds know and what they can do with what they know. New York: Columbia University
Permadi, D., & Arifin, D. (2010). Kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan komite sekolah. Bandung: PT. Sarana Panca Karya Nusa.
Puspitasari, A. (2015). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas X MIPA 5 SMA Negeri 1 Ambulu Berdasarkan Kemampuan Matematika. Skripsi: Universitas Jember
Sari, R. H. N. (2015, November). Literasi Matematika: Apa, Mengapa, dan Bagaimana. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY (p. 714).
Siswowijoyo, M., & Tiya, K. (2017). Deskripsi Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas IX SMP Negeri di Kota Raha. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 2(2), 73-90.
Zulkardi, Z. (2002). Developing a learning environment on realistic mathematics edu-cation for Indonesian student teachers. Doctoral dissertation. Enschede: Uni-versity of Twente, Enschede.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menentukan Jumlah, Rata-rata, dan Keterangan Menggunakan Microsoft Excel

          Cara menentukan nilai jumlah pada Microsoft Office Excel, pertama-tama kita klik cell yang ingin kita tentukan atau menulisnya pada Name box, kemudian kita tinggal mengetik rumus pada formula bar atau cell F5, dengan menggunakan rumus {=SUM(B5:E5)}. J ika kita ingin menentukan nilai jumlah yang lain, kita tinggal mencopy dari nilai jumlah yang sudah ada dengan cara kita seret garis nilai yang sudah ada.          Cara menentukan nilai rata-rata pada Microsoft Office Excel, pertama-tama kita klik cell yang ingin kita tentukan atau menulisnya pada Name box, kemudian kita tinggal mengetik rumus pada formula bar atau cell G5, dengan menggunakan rumus {=AVERAGE(B5:E5)}. J ika kita ingin menentukan nilai rata-rata yang lain, kita tinggal mencopy dari nilai rata-rata yang sudah ada dengan cara kita seret garis nilai yang sudah ada.       Cara menentukan keterangan Lulus atau Tidak Lulus pada Microsoft Office Excel, pertama-tama kita klik cell yang ingin kita tentukan atau menuli