Langsung ke konten utama

Meningkatnya Kemampuan Siswa di Indonesia Karena Pergantian Sistem Ujian Nasional

Nama Penulis       : Pendi
NIM                      : 180341013
Program Studi       : Pendidikan Matematika
Semester/Kelas     : 3/A
Dosen Pengampu  : Eka Rachma Kurniasi, M.Pd.
Instansi                 : STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung



Pergantian Sistem Ujian Nasional (UN) oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2021 telah banyak dibicarakan dari masyarakat Indonesia, yang sebelumnya beranggapan bahwa Ujian Nasional dihapuskan. Kemudian Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makariem mengklarifikasi berita dari anggapan masyarakat tersebut, dan ia mengatakan bahwa Ujian Nasional tidak dihapuskan tetapi diganti dengan sistem penilaian yang baru. Ujian Nasional yang pada mulanya merupakan sistem pembelajaran yang berbasis tes dalam penguasaan konteks mata pelajaran akan diubah menjadi sistem kompetisi yang lebih mirip dengan Programme for International Students Assessment (PISA).
Pergantian sistem Ujian Nasional ini tentu mempunyai alasan, karena Ujian Nasional sebelumnya dinilai kurang berpengaruh terhadap masa depan generasi muda Indonesia. Hal ini disebabkan Ujian Nasional sebelumnya hanya mengarah pada kemampuan ingatan siswa dalam mata pelajaran. Maka dari itu, akan diubah sistem penilaian Ujian Nasional yang mengarah pada kemampuan pemikiran kritis dan penalaran siswa yang soalnya mirip dengan soal PISA dan sistem penilaian Ujian Nasional tersebut tentu sangat berhubungan dengan karakter-karakter siswa. Pendidikan karakter bertujuan untuk meningkatkan kadar pendidikan. Maka dari karakter-karakter pendidikan, bangsa Indonesia akan menjadi bangsa yang lebih beradab dan bermartabat dalam segala hal dan juga di dunia pendidikan
Dilihat dari kemampuan siswa dalam nilai PISA Indonesia yang semakin menurun, maka salah satu hal yang bisa dijadikan solusi dalam meningkatkan kemampuan siswa tersebut adalah dengan pergantian sistem penilaian Ujian Nasional yang berpengaruh baik dalam peningkatan pola berpikir siswa dalam kemampuan bernalar sehingga perilaku siswa yang menjadi kegiatan pemikiran bisa dipenuhi. Dan juga sistem penilaian Ujian Nasional yang berkaitan dengan perasaan juga penting dilakukan, karena sistem ini dapat memengaruhi karakteristik siswa yang mencakup minat, konsep diri, moral, sikap, dan nilai siswa.
Dalam sistem penilaian Ujian Nasional ini, kita dapat memberikan semangat kepada siswa dalam pembelajaran, kemampuan peningkatan dalam pola pikir, dan juga berpengaruh baik terhadap karakteristik siswa. Sehingga, Indonesia akan ada banyak dari generasi muda yang memiliki kemampuan sangat baik dan mampu bersaing dengan negara-negara lain yang dapat memberikan hal yang terbaik bagi bangsa Indonesia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH JUDUL DAN LATAR BELAKANG SKRIPSI

Nama                     : Pendi NIM                       : 180341013 Kelas                     : PMTK 4A Dosen Pengampu  : Rajab Vebrian, M.Pd Mata Kuliah          : Penulisan Karya Ilmiah PENGEMBANGAN SOAL MATEMATIKA BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN LITERASI MATEMATIS SISWA DALAM MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI MTS MUHAMMADIYAH GANTUNG BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Pendidikan merupakan unsur utama yang penting dalam berdirinya sebuah negara, dimana pendidikan bukan hanya sekedar media untuk mewariskan kebudayaan kepada generasi selanjutnya, tetapi dengan pendidikan diharapkan mampu mengubah dan mengembangkan kehidupan bangsa ke arah yang lebih baik (Permadi & Arifin, 2010). Pendidikan yang bermutu menjadi indikator jaminan terhadap mutu sumber daya manusia pada suatu bangsa atau negara. Bangsa yang memiliki sumber daya manusia yang bermutu tinggi akan lebih maju dan mampu bersaing dengan bangsa-bangsa lain. Oleh karena itu,