Nama : Pendi
NIM : 180341013
Program Studi : Pendidikan Matematika
Kelas : 3A
Dosen Pengampu : Eka Rachma Kurniasi, M. Pd.
Dosen Pengampu : Eka Rachma Kurniasi, M. Pd.
Instansi : STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung
Landasan Pengembangan
Kurikulum Pendidikan
Kurikulum merupakan rancangan pendidikan yang
paling dasar dan memiliki kedudukan yang
strategis dalam menentukan jalannya setiap aspek pendidikan. jika
kurikulum diibaratkan sebagai rumah maka diperlukan pondasi yang kuat agar
rumah tidak mudah rubuh ketika diterjang angin kencang. Demikian juga dengan
kurikulum, jika kurikulum dibuat dan dikembangkan tanpa mempertimbangkan
landasannya maka kurikulum itu tidak akan bertahan lama.
Tapi, jika dibandingkan
dengan akibat yang akan didapatkan. Rumah yang rubuh masih bisa dibangun lagi,
tergantung ada tidaknya biaya dari si pemilik. Sedangkan, jika yang rusak
adalah kurikulum maka akan berakibat fatal. Karena tujuan adanya kurikulum
adalah untuk memanusiakan manusia melalui usaha pendidikan.
Menurut Robert S. Zais,
landasan pokok pengembangan kurikulum terbagi menjadi empat, yaitu philosophy
and the natute of knowledge, society and
culture, the individual, and learning theory. Sehingga, untuk mengembangkan
kurikulum diperlukan landasan filosofis, landasan psikologis, landasan
sosiologis, dan landasan IPTEK.
A. Landasan Filosofis
Secara harfiah filsafat berarti “cinta
akan kebijakan” (love of wisdom). Secara umum,filsafat adalah cara berpikir
yang mengupas sesuatu sedalam-dalamnya (Socrates) dan filsafat adalah ilmu
pengetahuan tentang kebenaran (Plato).
Landasan filosofis dalam pengembangan
kurikulum ialah asumsi-asumsi atau rumusan yang didapatkan dari hasil berpikir
secara mendalam, analitis, logis dan sistematis (filosofis) dalam merencanakan,
melaksanakan, membina dan mengembangkan kurikulum dalam bentuk program
(tertulis), maupun kurikulum dalam bentuk pelaksanaan (operasional) di sekolah.
Ada tiga pendekatan filosofis yang
mempengaruhi perkembangan kurikulum yaitu Filsafat Idealisme, Filsafat
Realisme, dan Filsafat Fragmatisme.
B. Landasan Psikologis
Psikologi adalah ilmu yang mempelajari
tingkah laku manusia dalam hubungan dengan lingkungan. Penerapan landasan
psikologi dalam pengembangan kurikulum bertujuan agar upaya pendidikan yang
dilakukan dapat menyesuaikan dengan hakikat peserta didik.
Ada dua cabang psikologi yang mempengaruhi
perkembangan kurikulum, yaitu psikologi perkembangan dan psikologi belajar.
- Psikologi perkembangan diperlukan terutama dalam menentukan isi kurikulum yang diberikan kepada siswa, baik tingkat kedalaman dan keluasan materi, tingkat kesulitan dan kelayakannya serta kebermanfaatan materi senantiasa disesuaikan dengan tarap perkembangan peserta didik.
- Psikologi belajar memberikan sumbangan terhadap pengembangan kurikulum terutama strategi pelaksanaan kurikulum.
C. Landasan Sosiologis
Pendidikan adalah proses sosialisasi melalui
interaksi insani menuju manusia yang berbudaya. Dilihat dari substansinya
faktor sosiologis yang mempengaruhi perkembangan kurikulum ada dua sisi:
1. Kebudayaan dan
Kurikulum
Mengartikan, pendidikan
pada dasarnya bermaksud mendidik anggota masyarakat agar dapat hidup
berintegrasi dengan anggota masyarakat yang lain. Sehingga mengimpikasikan
bahwa kurikulum sebagai salah satu alat untuk mencapai pendidikan bermuatan
kebudayaan yang bersifat umum.
2. Masyarakat dan
Kurikulum
Mengartikan, kebudayaan
yang beragam di dalam kelompok
masyarakat akan memberikan sumber nilai dan pemikiran yang berbeda-beda pula
pada diri peserta didik. Yang mana nantinya akan dikembangkan melalui proses
pendidikan. Sumber nilai itu, menurut Daud Yusuf (1982) yaitu: logika,
estetika, dan etika. Sedangkan Ilmu pengetahuan dan kebudayaan adalah
nilai-nilai yang bersumber pada logika (pikiran).
D. Landasan IPTEK
Teknologi adalah aplikasi dari ilmu
pengetahuan ilmiah dan ilmu-ilmu lainnya untuk memecahkan masalah-masalah
praktis. Dilihat dari perkembangannya di masyarakat, Ilmu dan teknologi tidak bisa dipisahkan.
Dalam pendidikan, perkembangan teknologi
industri dimanfaatkan untuk menunjang kebutuhan pelaksanaan program pendidikan.
artinya, secara langsung perkembangan IPTEK akan menjadi isi/materi pendidikan.
Sedangkan secara tidak
langsung memberikan tugas kepada pendidikan untuk membekali masyarakat dengan
kemampuan pemecahan masalah yang dihadapi sebagai pengaruh perkembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi.
E. Kesimpulan
Untuk menciptakan
pendidikan yang bermutu diperlukan pengembangan kurikulum yang terencana dan di
analisis kelebihan, kekurangan, peluang, dan ancamannya. Selain itu diperlukan
perhatian terhadap landasan pengembangannya baik secara filosofis, psikologis,
sosiologis, dan didukung IPTEK, agar masalah pendidikan dapat terselesaikan dan
masyarakat dapat memenuhi kebutuhannya sejalan dengan perkembangan zaman.
F. Daftar Pustaka
Landasan Pengembngan
Kurikulum – Direktori File UPI (PDF)
yang di unduh pada 25 Oktober 2019
Landasan-Landasan Yang
Mendasari Pengembangan Kurikulum – Nurul Awwaliyah
Alamat: htttps://www.google.com/amp/s/awnurul.wordpress.com/2016/12/14/landasan-landasan-yang-mendasari-pengembangan-kurikulum/amp/
Yang diakses pada 25
Oktober 2019
Komentar
Posting Komentar